Halaman

Jumat, 18 Desember 2020

Parafrase dan Kutipan Menurut Pedoman APA Style Edisi 7

PEDOMAN UMUM

PEDOMAN KHUSUS

SITASI DALAM TEKS

PARAFRASE DAN KUTIPAN


Parafrase dan Kutipan menyangkut:
Ø  Prinsip Parafrase

Ø  Parafrase Panjang

Ø  Prinsip Kutipan Langsung

Ø  Kutipan Pendek (Kurang dari 40 Kata)
Ø  Kutipan Blok (40 Kata atau Lebih)

Ø  Kutipan Langsung dari Materi Tanpa Nomor Halaman

Ø  Akurasi Kutipan

Ø  Perubahan pada Kutipan yang Tidak Membutuhkan Penjelasan

Ø  Perubahan pada Kutipan yang Membutuhkan Penjelasan

Ø  Kutipan yang Berisi Sitasi ke Karya Lain

Ø  Kutipan yang Berisi Materi yang Sudah Dalam Tanda Kutip

Ø  Izin untuk Mencetak Ulang atau Mengadaptasi Kutipan Panjang
Ø  Epigraf
Ø  Kutipan dari Partisipan Penelitian

 

Prinsip Parafrase

Memparafrase mengemukakan kembali gagasan orang lain (atau gagasan Anda sendiri yang telah dipublikasikan sebelumnya) dengan kata-kata Anda sendiri. Parafrase adalah strategi penulisan yang efektif karena memungkinkan penulis untuk meringkas dan mensintesis informasi dari satu atau beberapa sumber, memfokuskan pada informasi penting, dan membandingkan serta membedakan detail-detail yang relevan. Sebagian besar penulis yang dipublikasikan memparafrasekan sumber mereka, alih-alih mengutip langsung sumbernya; Mahasiswa yang menulis harus meniru praktik lebih banyak memparafrasekan daripada mengutip langsung. Gunakan nada profesional saat mendeskripsikan konsep, ide, atau temuan dengan kata-kata Anda sendiri.

Sitasi karya yang Anda parafrase dalam teks menggunakan format naratif atau dalam tanda kurung.

Avid readers of science fiction and fantasy books are more likely than readers of other genres to believe in futuristic scenarios—for example, that it will someday be possible to travel to other galaxies or power a car on solar energy (Black et al., 2018).

Meskipun tidak diharuskan untuk memberikan nomor halaman atau nomor paragraf dalam sitasi untuk parafrase, Anda dapat memasukkan salah satu sebagai tambahan untuk nama penulis dan tahun jika itu akan membantu pembaca yang tertarik untuk menemukan bagian yang relevan dalam sebuah karya yang panjang atau kompleks (misalnya, sebuah buku).

Webster-Stratton (2016) described a case example of a 4-year-old girl who showed an insecure attachment to her mother; in working with the family dyad, the therapist focused on increasing the mother’s empathy for her child (pp. 152–153).

Panduan di bagian ini berkaitan dengan kapan penulis membaca sumber utama dan memparafrasekannya sendiri. Jika Anda membaca parafrase dari sumber utama dalam sebuah karya yang dipublikasikan dan ingin mengutip sumber itu, yang terbaik adalah membaca dan mengutip sumber utama secara langsung jika memungkinkan; jika tidak, gunakan kutipan sumber sekunder.

 

kembali ke atas



Parafrase Panjang

Parafrase dapat mencakup beberapa kalimat. Dalam kasus seperti itu, sitasi karya yang diparafrasakan pada penyebutan pertama. Setelah karya tersebut disitasi, sitasinya tidak perlu diulang selama konteks penulisan menjelaskan bahwa karya yang sama terus diparafrasekan (lihat contoh). Sitasi dapat dalam tanda kurung atau naratif; Jika Anda memilih pendekatan naratif dan mengulangi nama penulis dalam narasi kalimat berikutnya, tahun karya sering kali dapat dihilangkan.


Contoh Parafrase Panjang dengan Satu Sitasi Dalam-Teks


SumberPublication Manual of the American Psychological Association (7th Ed.). Copyright © 2020 by the American Psychological Association (APA). Halaman 270

Jika parafrase berlanjut ke paragraf baru, introduksikan kembali sitasinya. Jika parafrase menggabungkan beberapa sumber atau berpindah dari sumber ke sumber, ulangi sitasi sedemikian rupa sehingga sumbernya jelas (lihat contoh). Baca kalimat Anda dengan teliti untuk memastikan Anda mensitasi sumber dengan tepat.

 

Contoh Perlunya Sitasi Berulang untuk Mengklarifikasi Sumber-sumbernya


Sumber
: Publication Manual of the American Psychological Association (7th Ed.). Copyright © 2020 by the American Psychological Association (APA). Halaman 271


Catatan. Dalam paragraf ini, beberapa karya dikutip beberapa kali untuk mendukung banyak poin. Sitasi-sitasi ini perlu diulang karena kombinasi karya-karya yang berbeda mendukung ide-ide yang berbeda pula — sumbernya berubah sehingga harus dijelaskan kepada pembaca. Jika semua ide memiliki sumber yang sama, sitasi tidak perlu diulang.

kembali ke atas 




Prinsip Kutipan Langsung

Sitasi langsung mereproduksi karya penulis lain atau karya Anda sendiri yang telah dipublikasikan sebelumnya, kata demi kata. Yang terbaik adalah memparafrasekan sumber alih-alih mengutipnya secara langsung karena parafrasememungkinkan Anda menyesuaikan materi dengan konteks makalah dan gaya penulisan Anda. Gunakan kutipan langsung alih-alih parafrasa ketika mereproduksi definisi, ketika seorang penulis mengatakan sesuatu yang memorable atau ringkas, atau ketika Anda ingin menanggapi kata-kata tertentu yang dikatakan seseorang. Dosen pengajar, program, editor, dan penerbit mungkin menetapkan batas penggunaan kutipan langsung. Konsultasikan dengan dosen pengajar atau editor Anda jika Anda khawatir memiliki terlalu banyak kutipan materi dalam makalah Anda.

Saat mengutip langsung, selalu sebutkan penulis, tahun, dan nomor halaman kutipan dalam teks, baik dalam tanda kurung maupun naratif. Untuk menunjukkan satu halaman, gunakan singkatan "p" (misalnya, p. 25, p. S41, p. e221); untuk beberapa halaman, gunakan singkatan "pp." dan pisahkan rentang halaman dengan en dash (misalnya, hal. 34–36). Jika halaman tidak bersambung, gunakan koma di antara nomor halaman (misalnya, pp. 67, 72). Jika karya tersebut tidak memiliki nomor halaman, berikan cara lain agar pembaca dapat menemukan kutipan tersebut.

Format kutipan langsung bergantung pada panjangnya (kurang dari 40 kata vs. 40 kata atau lebih). Terlepas dari panjang kutipan, jangan masukkan elipsis di awal dan/atau akhir kutipan kecuali sumber aslinya menyertakan elipsis (titik-titik).

kembali ke atas  



Kutipan Pendek (Kurang dari 40 Kata)

Jika sebuah sitasi terdiri atas kurang dari 40 kata, perlakukan sebagai kutipan singkat: Gabungkan ke dalam teks dan beri tanda petik ganda. Untuk kutipan langsung, selalu sertakan sitasi lengkap (tanda kurung atau naratif) dalam kalimat yang sama dengan kutipan tersebut. Tempatkan sitasi dalam tanda kurung tepat setelah kutipan atau di akhir kalimat. Untuk sitasi naratif, cantumkan penulis dan tahun dalam kalimat, lalu tempatkan nomor halaman atau informasi lokasi lainnya dalam tanda kurung setelah kutipan; Jika kutipan mendahului sitasi naratif, cantumkan nomor halaman atau informasi lokasi setelah tahun dan koma.

Jika sitasi muncul di akhir kalimat, letakkan tanda baca akhir setelah kurung tutup untuk sitasi. Tempatkan titik dan koma di dalam tanda kutip tunggal atau ganda penutup. Tempatkan tanda baca lain di dalam tanda kutip hanya jika itu adalah bagian dari materi yang dikutip.

Kutipan singkat dapat disajikan dalam berbagai cara, seperti yang ditunjukkan pada Tabel.

 

Contoh-contoh Kutipan Langsung yang Disitasi Dalam Teks

Benar

Salah

Alasan

Effective teams can be difficult to describe because “high performance along one domain does not translate to high performance along another” (Ervin et al., 2018, p. 470).

Effective teams can be difficult to describe because “high performance along one domain does not translate to high performance along another.” (Ervin et al., 2018, p. 470)

Titik yang menandai akhir kalimat seharusnya setelah sitasinya, bukan sebelumnya.

“Even smart, educated, emotionally stable adults believe superstitions that they recognize are not rational,” as exemplified by the existence of people who knock on wood for good luck (Risen, 2016, p. 202).

“Even smart, educated, emotionally stable adults believe superstitions that they recognize are not rational (Risen, 2016, p. 202),” as exemplified by the existence of people who knock on wood for good luck.

sitasinya seharusnya di luar tanda petik, bukan di dalamnya.

Biebel et al. (2018) noted that “incorporating the voice of students with psychiatric disabilities into supported education services can increase access, involvement, and retention” (p. 299).

Biebel et al. (2018) noted that “incorporating the voice of students with psychiatric disabilities into supported education services can increase access, involvement, and retention.” (p. 299)

Titik yang mendandai akhir kalimat seharusnya setelah nomor halaman, bukan sebelumnya.

 

“Some people are hilarious, others are painfully unfunny, and most are somewhere in between,” wrote Nusbaum et al. (2017, p. 231) in their exploration of humor.

“Some people are hilarious, others are painfully unfunny, and most are somewhere in between,” (p. 231) wrote Nusbaum et al. (2017) in their exploration of humor.

Nomor halaman seharusnya di dalam tanda kurung yang sama dengan tahunnya ketika kutipannya mendahului sitasi naratifnya.

The item read, “What were the best aspects of the program for you?” (Shayden et al., 2018, p. 304).

The item read, “What were the best aspects of the program for you”? (Shayden et al., 2018, p. 304).

Tanda tanya yang mengakhiri kutipan seharusnya muncul di antara tanda petik.

In 2018, Soto argued that “more similar stimuli, such as those coming from the same modality, produce more configural processing” (p. 598).

In 2018, Soto argued that “more similar stimuli, such as those coming from the same modality, produce more configural processing” (Soto, 2018, p. 598).

Tidak perlu mengulangi menyebutkan nama penulis dan tahun dalam tanda kurung jika keduanya sudah muncul dalam narasi


kembali ke atas 




Kutipan Blok (40 Kata atau Lebih)

Jika sebuah kutipan berisi 40 kata atau lebih, perlakukan itu sebagai block quotation (kutipan blok). Jangan gunakan tanda kutip untuk menyertakan kutipan blok. Mulailah kutipan blok pada baris baru dan indensasi seluruh blok, masuk 0,5 inci dari marjin kiri. Jika ada paragraf tambahan dalam kutipan, beri indensasi pada baris pertama untuk setiap paragraf berikutnya dengan tambahan 0,5 inci. Beri spasi ganda pada seluruh kutipan blok; jangan menambahkan spasi ekstra sebelum atau sesudahnya. (a) Sitasi sumber dalam tanda kurung setelah tanda baca terakhir kutipan atau (b) sitasi penulis dan tahun dalam narasi sebelum kutipan dan hanya menempatkan nomor halaman dalam tanda kurung setelah tanda baca terakhir kutipan. Jangan tambahkan titik setelah kurung tutup dalam kedua kasus.

Kutipan blok dengan sitasi dalam tanda kurung:

Researchers have studied how people talk to themselves:

Inner speech is a paradoxical phenomenon. It is an experience that is central to many people’s everyday lives, and yet it presents considerable challenges to any effort to study it scientifically. Nevertheless, a wide range of methodologies and approaches have combined to shed light on the subjective experience of inner speech and its cognitive and neural underpinnings. (Alderson-Day & Fernyhough, 2015, p. 957)

Kutipan blok dengan sitasi naratif:

Flores et al. (2018) described how they addressed potential researcher bias when working with an intersectional community of transgender people of color:

Everyone on the research team belonged to a stigmatized group but also held privileged identities. Throughout the research process, we attended to the ways in which our privileged and oppressed identities may have influenced the research process, findings, and presentation of results. (p. 311)

Kutipan blok yang terdiri atas dua paragraf

Regarding implications for chronic biases in expectation formation,

in order to accurately estimate whether people are likely to form positive or negative expectations on any given occasion, it is necessary to go beyond simply considering chronic individual differences and identify the factors that make people more likely to form expectations in line with one bias or the other.

The present research sheds light on this issue by identifying a crucial distinction in the operation of these two trait biases in expectation formation. Specifically, people’s valence weighting biases and self-beliefs about the future appear to shape expectations via qualitatively distinct processes. (Niese et al., 2019, p. 210)

 

kembali ke atas 




Kutipan Langsung dari Materi Tanpa Nomor Halaman

Karya Teks. Untuk mengutip langsung dari materi tertulis yang tidak berisi nomor halaman (misalnya, webpage dan website, ebooks), berikan cara lain kepada pembaca untuk menemukan bagian yang dikutip. Salah satu pendekatan berikut dapat diterima; gunakan pendekatan yang paling membantu pembaca untuk menemukan kutipan:

·     Sebutkan judul atau nama bagian.

For people with osteoarthritis, “painful joints should be moved through a full range of motion every day to maintain flexibility and to slow deterioration of cartilage” (Gecht-Silver & Duncombe, 2015, Osteoarthritis section).

·     Sebutkan judul atau nama bagian yang disingkat dalam tanda kutip untuk menunjukkan singkatan jika judul lengkap atau nama bagian terlalu panjang atau sulit untuk dikutip secara lengkap. Pada contoh berikutnya, judul aslinya adalah What Can You Do to Prevent Kidney Failure?” dan beberapa hal dikutip secara terpisah karena awalnya muncul sebagai bagian dari daftar dengan-bullets.

To prevent kidney failure, patients should “get active,” “quit smoking,” and “take medications as directed” (Centers for Disease Control and Prevention, 2017, “What Can You Do” section).

·    Sebutkan nomor paragraf (hitung paragrafnya secara manual jika tidak bernomor).

People planning for retirement need more than just money—they also “need to stockpile their emotional reserves” to ensure adequate support from family and friends (Chamberlin, 2014, para. 1).

·    Sebutkan judul atau nama bagian dan nomor paragraf.

Music and language are intertwined in the brain such that “people who are better at rhythmic memory skills tend to excel at language skills as well” ( DeAngelis, 2018, Musical Forays section, para.  4).

Jangan sertakan nomor lokasi Kindle pada sitasi dalam-teks. Sebagai gantinya, sebutkan nomor halaman (yang tersedia di banyak buku Kindle, terutama yang berbasis edisi cetak) atau gunakan metode yang dijelaskan di bagian ini untuk membuat alternatif nomor halaman.

Perhatikan bahwa nama bagian atau bagian lain karya tersebut tidak akan selalu muncul di entri daftar referensi untuk karya tersebut. Misalnya, jika Anda mengutip bagian tertentu dari sebuah webpage atau website dalam teks, entri daftar pustaka harus menyebutkan seluruh halaman yang Anda gunakan, bukan hanya untuk bagian halaman tersebut.

Karya Audiovisual. Untuk mengutip langsung dari karya audiovisual (misalnya, audiobook, video YouTube, TED Talk, acara TV show), sebutkan time stamp untuk awal kutipan sebagai pengganti nomor halaman.

People make “sweeping inferences and judgments from body language” (Cuddy,  2012, 2:12).

Karya dengan Bagian-bagian Bernomor Kanonikal. Untuk mengutip langsung dari materi dengan bagian-bagian bernomor kanonikal (misalnya, karya keagamaan atau karya klasik), gunakan nama buku, pasal, ayat, baris, dan/atau canto sebagai ganti nomor halaman.

The person vowed to “set me as a seal upon thine heart” ( King James Bible, 1769/2017, Song of Solomon 8:6).

Untuk drama, kutip babak, adegan, dan dialognya. Dalam contoh berikut, “1.3.36– 37 ” mengacu pada Babak 1, Adegan 3, Dialog 36 dan 37.

In Much Ado About Nothing, Don John said, “In the meantime / let me be that I am and seek not to alter me” (Shakespeare, 1623/1995, 1.3.36–37).

kembali ke atas  



Akurasi Kutipan

Kutipan langsung harus akurat. Kecuali seperti yang disebutkan di sini, kutipan harus sesuai dengan kata-kata, ejaan, dan tanda baca interior sumber aslinya, pun seandainya sumbernya salah. Jika ada kesalahan ejaan, tanda baca, atau tata bahasa dalam sumber yang dapat membingungkan pembaca, masukkan kata “[sic],” dengan huruf miring dan dalam tanda kurung siku, langsung setelah kesalahan dalam kutipan. Kutipan yang mengandung kesalahan mungkin mengganggu, jadi pertimbangkan untuk memparafrasekan sebagai gantinya. Saat mengutip, selalu periksa makalah Anda dengan sumbernya untuk memastikan tidak ada perbedaan.

Nowak (2019) wrote that “people have an obligation to care for there [sic] pets” (p. 52).

kembali ke atas 




 

Perubahan pada Kutipan yang Tidak Membutuhkan Penjelasan 


Beberapa perubahan dapat dilakukan pada kutipan langsung tanpa memberi tahu pembaca:

·    Huruf pertama dari kata pertama dalam kutipan dapat diubah menjadi huruf besar atau huruf kecil agar sesuai dengan konteks kalimat di mana kutipan tersebut muncul.

·    Beberapa tanda baca di akhir kutipan dapat diubah agar sesuai dengan sintaks kalimat di mana kutipan tersebut muncul, selama artinya tidak berubah (misalnya, itu mungkin akan mengubah arti jika mengubah titik menjadi tanda tanya, tergantung bagaimana kalimat itu ditulis).

·    Tanda petik tunggal dapat diubah menjadi tanda petik ganda dan sebaliknya.

·    Callout catatan kaki atau nomor catatan akhir dapat dihilangkan.

Perubahan lain (misalnya, memiringkan kata-kata untuk penekanan atau menghilangan kata-kata) harus secara eksplisit ditunjukkan. Untuk lebih lanjut tentang mengutip dari daftar berbullet tanpa mereproduksi bulletnya:

To prevent kidney failure, patients should “get active,” “quit smoking,” and “take medications as directed” (Centers for Disease Control and Prevention, 2017, “What Can You Do” section).

kembali ke atas 



 

Perubahan pada Kutipan yang Membutuhkan Penjelasan


Beberapa perubahan pada kutipan langsung membutuhkan penjelasan. Lihat contoh.

 

Contoh Perubahan yang Dibuat pada Kutipan Langsung


SumberPublication Manual of the American Psychological Association (7th Ed.). Copyright © 2020 by the American Psychological Association (APA). Halaman 275

Catatan. Dalam paragraf ini, beberapa karya disitasi beberapa kali untuk mendukung banyak poin. Sitasi ini perlu diulang karena kombinasi karya-karya yang berbeda mendukung ide yang berbeda — sumbernya berubah-ubah sehingga harus dijelaskan kepada pembaca. Jika semua ide memiliki sumber yang sama, sitasi tidak perlu diulang.

 

Menghapus Materi. Gunakan elipsis (titik-titik) untuk menunjukkan bahwa Anda telah menghilangkan kata-kata dalam kutipan (misalnya, untuk mempersingkat kalimat atau menggabung dua kalimat menjadi satu). Ketikkan tiga titik dengan spasi sebelumdan sesudahnya (...)  Atau gunakan karakter elipsis yang dibuat oleh program pengolah kata Anda saat Anda mengetik tiga titik dalam satu baris (…), dengan spasi sebelum dan sesudah. Jangan gunakan elipsis di awal atau akhir kutipan apa pun kecuali sumber aslinya menyertakan elipsis; mulai atau akhiri kutipan di tempat di mana teks sumber dimulai atau diakhiri. Gunakan empat titik — yaitu, titik plus elipsis (. …) —Untuk menunjukkan jeda kalimat dalam materi yang dihilangkan, seperti saat kutipan menyertakan akhir satu kalimat dan awal kalimat lain.

Menyisipkan Materi. Gunakan tanda kurung siku, bukan tanda kurung lengkung, untuk melampirkan materi seperti penambahan atau penjelasan yang Anda sisipkan dalam sebuah kutipan.

Menambahkan Penekanan. Jika Anda ingin menekankan sepatah atau beberapa patah kata dalam sebuah kutipan, gunakan huruf miring. Langsung setelah kata-kata yang dimiringkan, sisipkan “penekanan ditambahkan” dalam tanda kurung siku: [penekanan ditambahkan].

kembali ke atas  



Kutipan yang Berisi Sitasi ke Karya Lain

Saat mengutip materi yang berisi sitasi yang disematkan, masukkan sitasi di dalam kutipan tersebut. Jangan masukkan karya ini dalam daftar pustaka kecuali Anda mengutipnya sebagai sumber utama di tempat lain dalam makalah Anda. Dalam contoh berikut, Panero et al. (2016) akan muncul dalam daftar pustaka, tetapi kutipan Stanislavski tidak:

Actors “are encouraged to become immersed in a character’s life (Stanislavski, 1936/1948, 1950), an activity that calls for absorption” (Panero et al., 2016, p.  234).

Callout nomor catatan kaki atau endnote dalam materi yang dikutip dapat dihilangkan tanpa penjelasan.

 

Contoh Sitasi yang Dihilangkan di Akhir Kutipan.


SumberPublication Manual of the American Psychological Association (7th Ed.). Copyright © 2020 by the American Psychological Association (APA). Halaman 276

Catatan. Dalam kalimat aslinya, Killham et al. (2018) meringkas hasil dari banyak penelitian dan mengutip sumbernya di akhir kalimat. Untuk mengutip ringkasan Killham et al., sitasi Killham et al., dan hilangkan sitasi di akhir kalimat aslinya. Pembaca yang tertarik dapat berkonsultasi dengan Killham et al. untuk informasi lebih lanjut.

Jika sitasi muncul di akhir materi yang ingin Anda kutip, merupakan praktik umum untuk mengakhiri kutipan sebelum sitasi dan hanya mensitasi karya yang Anda baca saja (lihat gambar). Adalah tindakan yang tepat untuk menghilangkan sitasi di akhir kutipan jika materi yang Anda kutip mewakili pendekatan baru atau konseptualisasi dari ide-ide yang disajikan dalam karya yang dikutip — sebagai contoh, ketika penulis telah meringkas sebuah karya dan Anda ingin mengutip dan mensitasi ringkasan itu.

 

kembali ke atas 




Kutipan yang Berisi Materi yang Sudah Dalam Tanda Kutip

Jika sumber Anda menyertakan kutipan langsung dari karya lain, dan Anda ingin menggunakan kutipan langsung yang sama di makalah Anda, yang terbaik adalah membaca dan mengutip sumber aslinya secara langsung. Jika sumber asli tidak tersedia, sitasi kutipan itu dengan menggunakan sumber sekunder.

Untuk mengutip materi yang sudah menggunakan tanda kutip untuk beberapa tujuan lain (misalnya, untuk menyertakan frasa seperti ekspresi yang diciptakan atau contoh linguistik), mungkin perlu mengubah tanda kutip ganda menjadi tunggal atau sebaliknya di makalah Anda. tergantung jumlah kata yang Anda kutip.

 

Kutipan Singkat. Untuk kutipan kurang dari 40 kata, gunakan tanda kutip tunggal di dalam tanda kutip ganda untuk mengesampingkan materi yang diapit oleh tanda kutip ganda di sumber aslinya.

 

Benar: Bliese et al. (2017) noted that “mobile devices enabled employees in many jobs to work anywhere, anytime and stay electronically tethered to work outside formal working hours” (p. 391).

Salah: Bliese et al. (2017) noted that “mobile devices enabled employees in many jobs to work anywhere, anytime and stay electronically tethered to work outside formal working hours” (p. 391).

Kutipan Blok.  Gunakan tanda kutip ganda untuk mengapit materi yang dikutip yang muncul dalam kutipan blok. (Jika tanda petik asli adalah tanda petik tunggal, seperti dalam publikasi bergaya Inggris, ubahlah menjadi tanda petik ganda di makalah Anda.)

Benar:

It is also worth considering the need for subjective certainty:

If a conjecture is just mere guess, one would not expect the same bias to occur, because it might likely come along with the metacognition of “I know I am/was just guessing,which would counteract retrospectively increased perceptions of foreseeability. (von der Beck & Cress, 2018, p. 97)

Salah:

It is also worth considering the need for subjective certainty:

If a conjecture is just mere guess, one would not expect the same bias to occur, because it might likely come along with the metacognition of 'I know I am/was just guessing,which would counteract retrospectively increased perceptions of foreseeability. (von der Beck & Cress, 2018, p. 97)


kembali ke atas 




Izin untuk Mencetak Ulang atau Mengadaptasi Kutipan Panjang

Anda mungkin memerlukan izin tertulis dari pemilik karya berhak cipta jika Anda menyertakan kutipan yang panjang (biasanya lebih dari 800 kata) dari karyanya dalam karya Anda. Kutipan dari karya yang lebih pendek (misalnya puisi, lagu) mungkin juga memerlukan izin.

kembali ke atas  




Epigraf


Epigraf adalah kutipan yang digunakan untuk mengintroduksikan artikel, buku, bab, disertasi, atau karya lainnya. Penulis dapat menggunakan epigraf untuk memfasilitasi yang akan mengikuti atau berfungsi sebagai ringkasan atau counterpoint. Epigraf harus muncul sebelum baris pertama teks dan harus diindensasi 0,5 inci dari marjin kiri, seperti halnya kutipan blok, tanpa tanda kutip.

Sumber epigraf biasanya tidak tercantum dalam daftar pustaka kecuali jika karya tersebut dikutip di tempat lain dalam teks makalah atau penting dalam konteks topiknya. Jika sumber epigraf tidak dimasukkan dalam daftar pustaka, pada baris di bawah kutipan, berikan credit line— terdiri atas tanda em dash lalu diikuti kemudian nama lengkap penulis, koma, dan judul karya dalam huruf miring di mana kutipan tersebut muncul — dan rapat kanan.

Research is formalized curiosity. It is poking and prying with a purpose.

—Zora Neale Hurston, Dust Tracks on a Road

Namun, berikan entri daftar pustaka untuk epigraf yang berasal dari sumber akademis (misalnya, buku atau jurnal ilmiah) atau kutipan yang digunakan dengan izin. Kutipan dalam tanda kurung, yang mencakup penulis, tanggal, dan nomor halaman, muncul setelah tanda baca akhir kutipan tanpa baris baru.

If life is to be sustained, hope must remain, even where confidence is wounded, trust impaired. (Erikson, 1966/2000, p. 192)

kembali ke atas  



Kutipan dari Partisipan Penelitian

Kutipan dari partisipan yang Anda wawancarai sebagai bagian dari penelitian Anda diperlakukan berbeda dengan kutipan dari karya publikasi. Saat mengutip partisipan penelitian, gunakan format yang sama seperti kutipan lainnya: Sajikan kutipan kurang dari 40 kata dalam tanda kutip di dalam teks, dan sajikan kutipan 40 kata atau lebih dalam kutipan blok. Karena kutipan dari partisipan penelitian adalah bagian dari penelitian asli Anda, jangan memasukkannya ke dalam daftar pustaka atau memperlakukannya sebagai komunikasi pribadi; sebutkan dalam teks bahwa kutipan berasal dari partisipan penelitian Anda.

Saat mengutip partisipan penelitian, patuhi perjanjian etis tentang kerahasiaan dan/atau anonimitas antara Anda dan partisipan Anda. Sebagai langkah kehati-hatian, dapatkan dan hormati persetujuan partisipan bahwa informasi mereka akan disertakan dalam laporan Anda. Anda mungkin perlu memberikan nama samaran kepada partisipan, menyamarkan identitas, atau menyajikan informasi secara agregat

Participant “Julia,” a 32-year-old woman from California, described her experiences as a new mother as “simultaneously the best and hardest time of my life.” Several other participants agreed, describing the beginning of parenthood as “joyful,” “lonely,” and “intense.” Julia and the other participants completed interviews in their homes.

Perjanjian mengenai kerahasiaan dan/atau anonimitas juga dapat meluas ke sumber lain yang terkait dengan metodologi Anda (misalnya, mengutip dokumen kebijakan sekolah saat melakukan studi kasus di sekolah). Sumber-sumber ini tidak akan dikutip dalam teks atau dicantumkan dalam daftar pustaka karena hal itu akan membahayakan kerahasiaan dan/atau anonimitas sekolah. Namun, informasi dari sumber-sumber ini dalam teks dapat didiskusikan jika materinya disamarkan sebagaimana mestinya.

Our study was conducted at a high school in Atlanta, Georgia. School administrators provided documents containing students’ average test scores and the percentage of students receiving free or reduced-price lunch. We used these data to contextualize the impact of our intervention.

 

kembali ke atas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar